087877666699

Jl. Meruya Ilir Raya No.22

Jakarta Barat 11620

}

Mon - Sat 9.00 - 18.00

Sunday CLOSED

Customer Enquiry

087-877-6666-99

Rawat Mobil dengan Auto Detailing, Tetap Kinclong di Musim Hujan

Menjaga tampilan mobil kesayangan agar tetap kinclong di musim hujan memang gampang-gampang susah. Salah menggunakan lap atau salah mencuci, bukan membuat mobil jadi cling. Sebaliknya, mobil akan tampak kusam dan meninggalkan noda goresan di body mobil. Agar tidak terjadi hal tersebut, lebih amannya menggunakan lapisan proteksi pada mobil kesayangan.

Sindhu Poernomo, salah satu punggawa Premiere Auto Detailing Semarang mengatakan, pemilik mobil minimal harus mengetahui jenis kotoran yang menempel di body mobil, yakni kotoran di permukaan dan didalam permukaan cat. “Untuk kotoran yang diluar misalnya debu, kotoran burung, getah pohon, dan lumpur bisa diatasi dengan disemprot dengan air bertekanan tinggi,” katanya.

Pria yang akrab disapa Shindu ini menambahkan, kotoran yang ada didalam permukaan cat atau pernis biasanya terjadi karena mobil sering terkena hujan. Air hujan sendiri memiliki kadar asam yang tinggi, sehingga meninggalkan goresan, jamur, bahkan noda membandel. “Ada 5 tahapan, seperti washing, cleaning, scrubing, glazing hingga protection,” bebernya.

Berbagai bahan yang digunakan dalam perawatan.
LENGKAP : Berbagai bahan yang digunakan dalam perawatan. (NUR CHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)

Untuk tahapan washing, lanjut Shindu adalah tahapan pencucian kotoran yang ada di permukaan atas cat. Setelahnya masuk ke proses cleaning dengan membersihkan sisa kotoran yang membandel dengan sebuah alat yang bernama clay dan dibantu dengan carian pembersih. “Setelahnya masuk ke proses scrubing. Proses ini mengangkat semua kotoran yang mengendap dalam permukaan pernis, glazing adalah menutup pori-pori pernis dan terakhir adalah proteksi yang bisa menggunakan wax atau coating,” tuturnya.

Sementara itu Robby Chandra, punggawa Premiere Auto Detailing Semarang lainnya menambahkan jika produk proteksi yang ada di pasaran merupakan produk yang bisa digunakan sendiri oleh pemilik mobil di rumah. Namun menurut dia, untuk hasil yang maksimal, mobil harus mendapatkan penanganan dari para ahli agar lapisan dasar cat mobil tidak pudar. “Produk pasaran jika salah menggunakanya malah bisa merusak lapisan cat,” lanjut dia.

Pada dasarnya, yang membedakan wax dan coating adalah sifat dan durasi perlindungan cat. Untuk wax, hanya bertahan dalam hitungan hari, sementara coating memilik umur sekitar satu sampai dua tahun dan memiliki sifat water sliding dimana kotoran dan air hujan tidak akan bisa menempel pada cat mobil. “Coating mirip dengan daun talas, dimana air bisa langsung turun dan kelebihannya bisa bertahan cukup lama. Tentu lebih memudahkan masyarakat untuk mencuci dan menjaga mobil agar tetap kinclong, serta melindungi cat dari cairan asam dari hujan,” paparnya.

Setelah memiliki proteksi khusus pada cat, ada baiknya demi mobil tetap kinclong luar dalam hingga ke bagian kisi-kisi pintu, grill, kaca dan lainnya pemilik mobil bisa melakukan auto detailing mobil. Treatment ini, adalah pembersihan mobil jengkal demi jengkal sehingga tidak ada noda yang tertinggal atau tersisa. “Auto detailing, secara singkatnya adalah membersihkan kerak dan jamur yang biasanya terdapat di grill, kisi pintu, kap mesin, sela-sela pintu dan yang lainnya,” paparnya.

Setelah selesai menjalani treatment auto detailing, lanjut Robby mobil kesayangan akan seperti mobil baru, entah itu pada bagian luar ataupun dalam. Tentu saja cara ini bisa dicoba pencinta otomotif agar mobil kesayangannya tetap mengkilap.

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *